Beranda News

Orang Dengan Gangguan Jiwa Pamerkan Hasil Karya

Orang Dengan Gangguan Jiwa Pamerkan Hasil Karya

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Pameran hasil karya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menjadi penerima manfaat di Unit Infomasi Layanan Sosial (UILS) Rumah Kita ikut berpartisipasi dalam Acara Evaluasi Gerakan Stop Pemasungan. Acara yang diselenggarakan Kementerian Sosial itu melibatkan integrasi kerja sama lintas sektor kementerian dan lembaga pemerintah lainnya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial DKI Jakarta, Titi Purwanti menyampaikan, pameran hasil karya itu menunjukkan bahwa ODGJ dengan kemampuan yang terbatas namun mereka mampu menelurkan sebuah karya.

Orang Dengan Gangguan Jiwa Pamerkan Hasil Karya

“Pameran ini bagian dari kampanye kepada masyarakat agar tidak mendiskriminasi dengan cara memasung Orang Dengan Gangguan Jiwa,” ungkap Titi saat dihubungi pada Kamis (29/3).

Ia melanjutkan, DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi yang sangat konsen terhadap penanganan ODGJ yang terdapat di tengah-tengah warga. Saat ini di Jakarta telah berdiri pola Layanan Sosial melalui daycare untuk penangan ODGJ yang sudah berdiri di 6 lokasi.

Baca Juga:  Berdiri di Atas Trotoar 2 Lapak PKL Ditertibkan Satpol PP Cengkareng

Orang Dengan Gangguan Jiwa Pamerkan Hasil Karya

Dalam acara yang diadakan Kementerian Sosial di Hotel Santika Premier Bekasi pada tanggal 26-29 Maret 2018 ini juga dipamerkan hasil karya dari provinsi lain. Acara itu diikuti oleh Dinas Sosial di 34 Provinsi, Dinas Kesehatan, Biro Kesejahteraan Sosial di tiap Provinsi, BPJS Kementerian Dalam Negeri serta Kepolisian.

“Melalui pameran ini, kami ingin berbagi informasi penanganan ODGJ melalui daycare, mempublikasikan hasil karya keterampilan Penerima Manfaat ODGJ, dan meinformasikan bahwa penanganan ODGJ bukan hanya dinas sosial tetapi ini menjadi tanggung jawab bersama seperti dinas kesehatan, BPJS, Dukcapil serta UKM,” terang Titi.