Beranda News

Hadiri Peringatan 17 Tahun BPOM, Menko PMK Sampaikan Perlunya Pengawasan Berbasis Masyarakat

Hadiri Peringatan 17 Tahun BPOM, Menko PMK Sampaikan Perlunya Pengawasan Berbasis Masyarakat

Jakarta, pelitajakarta.com – “Pengawasan obat dan makanan memiliki peran yang strategis dan berdampak langsung terhadap ketahanan nasional”, ujar membuka sambutannya pada Peringatan 17 Tahun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang bertempat di Balai Kartini.

Produk obat dan makanan semakin banyak dan meluas. Metode pengawasan juga semakin dituntut memiliki cara-cara yang canggih, cepat, dan tanggap. Terkait hal ini, Menko PMK menyampaikan apresiasinya terhadap melalui Gerakan Masyarakat Sadar Aman (GERMAS SAPA) yang telah melakukan upaya untuk dapat menghindari pangan yang berisiko terhadap kesehatan dan mengajak masyarakat untuk memproduksi, menyediakan dan mengkonsumsi pangan yang aman dan bermutu. Menurutnya, banyak kemajuan BPOM akhir-akhir ini, sinergi antar kementerian/lembaga dilakukan secara aktif dan terlihat jelas di lapangan.

“Gerakan-gerakan nasional yang bersifat pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu terobosan terhadap upaya untuk menjadikan masyarakat lebih mandiri dalam melaksanakan pengawasan. Masyarakat memainkan posisi strategis karena masyarakat adalah konsumen yang merasakan dampak langsung apabila mengonsumsi produk obat dan makanan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan”, tegas Menko PMK.

Baca Juga:  Mantan Presiden Irak, Jalal Talabani Meninggal Dunia Yang Berusia 84 Tahun

Selain peringatan 17 tahun BPOM, Menko PMK juga hari ini sekaligus meluncurkan Inovasi Pelayanan Publik. Untuk memastikan kehadiran negara, upaya penyadaran dan sosialisasi akan tata cara produksi yang baik, aturan-aturan dalam perdagangan obat dan makanan hingga pemanfaatan bahan-bahan yang dilarang untuk digunakan harus cepat disampaikan kepada masyarakat.

Menko PMK berharap, Inovasi Pelayanan Publik yang diluncurkan pada hari ini dapat semakin menghadirkan negara dalam menjamin obat dan makanan yang aman dan berkualitas bagi masyarakat. Menko PMK juga mengatakan, di HUT BPOM ke-17 ini, BPOM diharapkan bisa menjadi salah satu representasi negara hadir di masyarakat.
Hadir dalam acara ini Kepala BPOM, Kepala BSSN, Kepala Ombudsman, Kepala BPKN, Kepala dan Wakil Ketua . (Anang)